san zi jing (6)

suara mandarin
By -
0



Pembahasan san zi jing dalam artikel ini dibagi menjadi banyak artikel san zi jing, supaya bisa dipelajari perlahan-lahan dan supaya tidak terlalu panjang sehingga membuat bingung.


Pada artikel  san zi jing yang ke enam ini, akan dijelaskan tentang 3 aturan dan hubungan antar manusia, serta membahas tentang cuaca.


Ada baiknya mengetahui artikel pertama tentang san zi jing


三纲者 ➤  进到天下的大纲,维持人与人之间的三种最重要的规则和关系。

Masuk ke outline dunia ini, mempertahankan 3 aturan dan hubungan yang terpenting dalam hubungan antar manusia.


君臣义 ➤ 第一种就是君之间的规则关系,君是臣的纲领,做君王要尽为君之道,要爱护臣子,做臣子要对君王效忠。自然君明臣良都有义字。

Yang pertama adalah aturan hubungan antar raja,raja adalah panduan untuk rakyatnya, jadi raja harus berakhlak sebagai seorang raja, harus melindungi rakyatnya, menjadi rakyat harus setia kepada rajanya, secara otomatis moralitas akan terbentuk dengan adanya raja yang berakhlak dan rakyat yang baik. 


父子亲 ➤ 第二是父亲与儿子的关系,父是子的纲领,做父亲的要尽父道,自然父慈子孝。父母子女之间都能亲睦,家庭就能和平温暖。

Yang kedua adalah hubungan ayah dan anak, ayah adalah panduan bagi anak, seorang ayah menjalankan perannya sepenuh hati, secara otomatis ayah yang berwelas asih dan anak yang berbakti akan terwujud. Hubungan orangtua dan anak akan harmonis, keluarga menjadi damai dan hangat untuk ditempati.


夫妇顺  ➤ 第三是夫妇关系,夫是妻的纲领,做丈夫的能尽夫道,彼此互相敬重,相敬如宾,自然和谐共处,夫唱妇随,和顺快乐。

Yang ketiga hubungan antara suami istri, seorang suami menjalankan kewajibannya, saling menghargai dan penuh perhatian, secara otomatis akan hidup harmonis dan harmoni. 


曰春夏 ➤ 一年四季的次序,从正月到三月叫春季,气候温暖,一切桃红柳绿,鸟语花香,风景宜人。从四月到六月是夏季,天气炎热。

Urutan 1 tahun 4 musim, dari bulan 1 sampai 3 dinamakan musim semi, cuaca adem, bunga bermekaran dan dedaunan menghijau, suara kicauan burung yang merdu, pemandangan yang memanjakan mata. 

Dari bulan 4 sampai bulan 6 adalah musim panas, cuaca panas. 


曰秋冬 ➤  从七月到九月是秋季,气候凉快,是收成的时候。从十月到十二月是冬季,气候寒冷,农夫忙了一阵,准备办年货过冬。

Dari bulan 7 sampai 9 adalah musim gugur, cuaca adem, saatnya panen. Dari bulan 10 sampai 12 adalah musim dingin, cuaca dingin, para petani sudah bekerja sepanjang tahun, saatnya mempersiapkan keperluan hari raya imlek dan menikmati musim dingin.


此四时 ➤ 这春夏秋冬四季。

Ke 4 musim ini.


运不穷 ➤ 年年不停的运转,寒气才去,暑气又来,永不停止。

Terus berputar setiap tahun, musim dingin pergi, musim panas datang, terus menerus tiada hentinya.


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)