Bagaimana agar siswa mau belajar menulis hanzi?

suara mandarin
By -
0


Demi menghindari rasa takut siswa pada hanzi, maka saya lebih  sering menggunakan pinyin dalam pengajaran saya. Sementara di kelasnya Grace laoshi, anak-anak dengan gembiranya dan antusiasnya belajar dan menulis hanzi.

Kenapa bisa?

Bagi kebanyakan siswa, Aksara mandarin adalah sebuah lukisan. Murid-murid yang awalnya punya ketertarikan dengan budaya Tiongkok dan Bahasa Mandarin, begitu belajar Aksara Mandarin langsung ketakutan dan mundur.

Banyak guru yang dalam mengajar, untuk menghindari rasa takut siswa terhadap Hanzi, guru memilih lebih banyak mengajar membaca dan berbicara. 

Dengan demikian, meskipun siswa tidak terlalu bisa menulis, setidaknya siswa bisa berbicara.

Persoalan ini umum terlihat pada kebanyakan siswa. Namun, permasalahan utamanya adalah jika guru tidak melakukan pengajaran dan bimbingan yang tepat, pada akhirnya siswa hanya bisa membaca dan berbicara, dan tidak bisa menulis.
4 aspek  dalam belajar Bahasa (dengar, berbicara, membaca dan menulis), keempatnya mempunyai hubungan yang sangat erat. 


Jika kekurangan satu aspek menulis, saat anak-anak meninggalkan lingkungan berbahasa, maka kemampuan berbicara anak akan sangat mudah luntur.

Makanya, Menghindari hanzi adalah langkah yang tidak boleh diambil.

Ajarkanlah hanzi kepada siswa Anda dari hanzi yang sederhana. Dimulai dari guratan, radikal, hanzi tunggal, gabungan hanzi).

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengajar Aksara Mandarin, termasuk beberapa dibawah ini:
Dalam pola pikir, harus membimbing siswa untuk menghilangkan rasa takut akan Hanzi.
Mulailah mengajar siswa dari hanzi yang berdasarkan bentuk seperti bulan, matahari, gunug, air dan lain-lain.
Gunakan cara yang menarik dan humoris dalam membuat latihan hanzi. 
Kombinasikan dengan kaligrafi, agar siswa merasakan pesona dari Aksara Mandarin.(meskipun Anda tidak bisa menulis kaligrafi, Anda bisa menggunakan fasilitas teknologi yang ada saat ini).

Melakukan pelatihan yang sistematis, siswa pasti akan perlahan-lahan menyukai dan pada akhirnya dapat menulis banyak aksara mandarin. 

Anda punya masalah dalam mengajar? Baca ini

 
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)